Jumat, 20 Mei 2016

Gudep Perti

A.     Gudep di Perguruan Tinggi             Gugus Depan merupakan satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan. Gugus De... thumbnail 1 summary





A.    Gudep di Perguruan Tinggi
            Gugus Depan merupakan satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan. Gugus Depan dapat meliputi gugus depan berbasis satuan pendidikan dan berbasis komunitas. Gugus Depan berbasis satuan pendidikan meliputi Gugus Depan yang berpangkalan di pendidikan formal. Sedangkan, Gugus Depan yang berbasis komunitas meliputi Gugus Depan komunitas kewilayahan, agama, profesi, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas lain.
            Gugus Depan di Perguruan Tinggi adalah peserta didik yang berumur 21 sampai dengan 25 tahun, tujuan didirikannya adalah untuk membina dan mengembangkan sumber daya kaum muda melalui kepramukaan agar menjadi warga Negara yang berkualitas, dan mampu memberikan sumbangan yang positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik lokal, nasional, maupun internasional. Gugus Depan di Perguruan Tinggi memiliki nilai yang strategis karena:
1.      Peserta didik berada dalam usia pancaroba, dan lebih memerlukan pembekalan nilai-nilai.
2.      Peserta didik berada dalam usia akan memasuki lapangan kerja, sehingga membutuhkan pembekalan keterampilan.
3.      Peserta didik memiliki sifat kritis dan ingin mencoba, maka perlu diarahkan dan didayagunakan.
4.      Sebagai wadah kelanjutan kaum muda dalam ber-pramuka.

B.     Pembinaan Peserta Didik di Perguruan Tinggi
1.      Bina Diri
Melalui program Bina Diri para Pramuka Pandega diberi kesempatan untuk mengembangkan kapasitas kepribadiannya, seperti:
a.       Menjalankan proses perjalanan bakti Pramuka Pandega sesuai dengan tahapan
yang ditetapkan (pencapaian TKU,TKK, dan Pandega Garuda) serta sekaligus  
sebagai media untuk menghayati penerapan kode kehormatan dan untuk memperoleh pengalaman nyata dalam penerapan prinsip dasar kepramukaan.
b.      Pendewasaan kecerdasan spiritual, intlektual, emosional, dan mental yang akan berguna bagi pengembangan kemampuan untuk mengabdikan diri di satuan maupun di masyarakat.
c.       Mengembangkan keterampilan, bakat dan arah profesi sebagai bekal untuk menemukan jalan kemandirian dalam bekerja, berkarya, maupun berwirausaha.
2.      Bina Satuan
            Bina Satuan adalah lanjutan dari program Bina Diri. Melalui program ini Pramuka Pandega diberikan kesempatan untuk berlatih menerapkan dan mengamalkan kemampuan dirinya didalam pembinaan satuan Gerakan Pramuka, seperti:
a.       Ikut serta dalam pengurus Dewan Kerja atau Anggota Sangga Kerja dan Kelompok Kerja yang dibentuk oleh Kwartir.
b.      Ikut serta menjadi calon Pembina atau Instruktur muda di satuan Siaga, Penggalang, Penegak di Gugus Depan.
c.       Ikut serta menjadi anggota atau instruktur Satuan Karya.
3.      Bina Masyarakat
Bina Masyarakat adalah penerapan kemampuan lebih lanjut dari program Bina Diri dan Bina Satuan. Melalui Bina Masyarakat Pramuka Pandega diberi kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan sosialnya, melalui:
a.       Pengembangan kesadaran bermasyarakat sehingga Pramuka Pandega dapat berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat secara sehat.
b.      Pengembangan potensi kepemimpinannya dengan berperan langsung dalam pemberdayaan masyarakat baik sebagai peneliti, penyuluh, penggerak, pelopor dan pemimpin masyarakat, sehingga di harapkan di kemudian hari dapat berperan sebagai pemimbin bangsa dan Negara.
c.       Para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan pengembangan jaringan kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta guna mendukung program Bina Masyarakat.
C.     Pengembangan Pramuka
            Ketentuan dalam anggaran dasar Gerakan Pramuka tentang prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan ternyata disambut baik oleh berbagai kalangan. Dengan demikian, Gerakan Pramuka mampu mengembangkan kegiatannya hingga mengalami perkembangan cukup pesat, tidak hanya di wilayah perkotaan namun sampai pedesaan. Untuk itu diperlukan landasan dan visi-misi Gerakan Pramuka yang cemerlang.
1.      Asas dan Tujuan Pramuka
Pramuka Indonesia berasaskan pada pancasila dan memiliki beberapa tujuan, yaitu:
a.       Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, serta sehat jasmani dan rohani.
b.      Menjadi warga negara yang berjiwa pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri, serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan Negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
2.      Revitalisasi Gudep Perti
             Revitalisasi Gudep Perti adalah usaha untuk meningkatkan peran, fungsi dan tugas utama Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan secara sistematis, berkelanjutan dan terencana untuk tercapainya tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk karakter, menanamkan Nasionalisme,dan meingkatkan serta mengembangkan keterampilan pemuda Indonesia.
             Maka melalui gagasan revitalisasi ini, kegiatan pramuka dapat diminati kembali. Revitalisasi tersebut setidaknya meliputi empat unsur, yaitu:
a.       Penguatan organisasi dan manajemen kepramukaan dengan sebaik baiknya. Dan konsolidasi di antara seluruh jajaran pengurus Gerakan Pramuka menjadi penting agar dapat memantapkan peran sebagai organisasi yang kokoh.
b.      Pemantapan gugus depan berbasis sekolah dan pengembangan gugus depan berbasis wilayah agar aktivitas serta kedudukan Gerakan Pramukan semakin kuat dan tangguh, peningkatan semangat bela Negara, penguatan patriotism, dan pengembangan kreativitas dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing.
c.       Pemantapan prinsip dasar dan metode kepramukaan, yakni dengan mengembangkan kemitraan serta mengimplementasikan pengamalan Trisatya dan Dasadharma dalam kehidupan sehari-hari.
Pemantapan tekad seluruh anggota Pramuka sebagai warga bangsa, untuk menjadi “satu janji” dalam mewujudkan rakyat yang sehat, cerdas, maju, dan sejahtera.

Tidak ada komentar

Posting Komentar